Jumat, 16 Maret 2012

Tips Jitu Membeli Anjing


Sejak dahulu, Anjing merupakan hewan piaraan yang mampu menjaga dan berkawan dengan manusia. Beberapa anjing terlatih bisa membantu kerja manusia, misalnya sebagai pelacak jejak dan sebagainya. Membeli Anjing merupakan hal yang gampang-gampang-susah, terutama bagi Anda yang baru pertama kali bermaksud memelihara anjing. Ada banyak varian Anjing dan karakter Anjing yang  perlu Anda pahami sebelum Anda beli. Berikut ini tips jitu membeli Anjing:

1. Tentukan apakah akan membeli betina atau jantan. Betina mudah dilatih, lebih penurut dan menginginkan perhatian ekstra. Sedangkan jantan, cenderung lebih agresif terhadap anjing lain, dominan, aktif dan destruktif.
2. Tentukan pula niatan Anda memelihara anjing. Bila ingin memiliki banyak anjing di kemudian hari, maka belilah anjing betina. Jika tidak, pilih anjing jantan.
3. Anak Anjing atau Dewasa? Yang dewasa biasanya sudah terlatih. Sedangan anak anjing lebih lucu dan dapat dilatih sedari kecil untuk terbiasa dengan Anda dan keluarga. Apabila Anda memang menginginkan anak anjing, belilah anak anjing langsung dari breeder (peternak)
4. Cek kebersihan lingkungan breeder. Anjing tidak bisa tumbuh di lingkungan yang kotor.
5. Minta diperlihatkan bapak dan induknya. Tanya sifat mereka, apakah galak, agresif, atau pintar. Tanyak juga penyakit yan biasa mereka idap, karena penyakit tersebut biasanya akan menurun pada anaknya.
6. Periksa kondisi kulitnya. Jika ada kelainan seperti luka, sebaiknya jangan diambil. Karena luka ersebut bukan karena perkelahian, melainkan penyakit kulit.
7. Pastikan anjing sudah divaksinasi. MInta garansi kesehatan minimal 1 tahun sejak pembelian.
8. Bila ingin membeli dalmation, minta pada penjualnya untuk menggosok bulunya dengan kain basah, guna melihat apakah warnanya luntur atau tidak.

  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 komentar:

Posting Komentar